Budaya Penjiplak

15 Juni 2009 pukul 1:49 PM | Ditulis dalam Berita Terkini | Tinggalkan komentar
Tag:

Apa yang biasa kita lakukan, apa yang biasa kita kerjakan sering kali tidak terlepas dari hal-hal yang berbau mencontek. Seperti saat kita sekolah dulu selama sebilan tahun dibangku sekolah. Dalam seminggu berapa kali kita mencontek dalam ujian?. Kita tahu bahwa mencontek adalah perbuatan yang sangat tidak tepuji, tapi kenapa kita masih saja sering melakukannya.

Pada masyarakat sekarang mencontek bisa dikatakan menjadi sebuah tradisi, mencontek bukanlah hal yang tabu lagi disekeliling kita. Banyak karya lagu yang hanya diganti liriknya maupun naskah karangan yang dengan enaknya kita salin/ terbitkan dengan nama penyontek. Dimana penghormatan kita terhadap karya sastra yang telah di buat susah ayah di buat. Di mana kita letakkan hak-hak penulis terhadap kerya tulisannya.

Kenapa kita tidak berfikir untuk berkreasi dalam melakukan sesuatu hal. Seperti presiden Karno pertama kita yang berani berkreasi membuat Gelora Bungkarno, yang sekarang menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. Presiden pertama kita yang berani berkreasi membuat tugu Monas, yang sekarang merupakan Icon Indonesia.

Di dunia ini banyak sekali karya yang merupakan hasil jiplakan dari karya yang lebih dahulu terbit, saya tidak akan menyebutkan satu-satu, tetapi saya hanya mengatakan hal tersebut merupakan perbuatan yang kurang baik dan perlu segera di hilangkan dari otak kita. Agar masyarakat kita tidak menjadi masyarakat yang senang menjiplak karya orang lain, dan agar orang tersebut lebih bisa mengeluarkan karya-karyanya karena mendapat apresiasi kita. Karena Bangsa kita bukanlah bangsa pencontek. Majulah bangsaku, Merdeka!

Nb: catatan ini adalah tulisan yang penulis yang baru belajar menulis, jadi apabila ada kesalahan ketik atau kesalahan dalam pembuatan opini mohon dikasih masukan yang membangun.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: