Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

19 Mei 2009 pukul 9:19 AM | Ditulis dalam Sekolah kedinasan | 19 Komentar
Tag: ,

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) adalah sekolah tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, berdasarkan Keppres No. 22 tahun 2003 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Mahasiswa STSN merupakan mahasiswa ikatan dinas (dari umum) dan mahasiswa tugas belajar (PNS/TNI/POLRI). Mahasiswa ikatan dinas yang telah menyelesaikan pendidikan selanjutnya diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
Visi dan Misi

Visi STSN
Terdepan dalam Keilmuan, Pengembangan dan Penerapan Persandian.

Misi STSN

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang persandian secara efektif dan efisien serta mandiri.
2. Membentuk SDM persandian yang bermental kepribadian tangguh dan bermoral tinggi.
3. Menyiapkan SDM persandian yang berbasis kompetensi dalam bidang manajemen persandian, rancang bangun peralatan sandi dan kripto analisis serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan iptek.
4. Melakukan penelitian ilmu kriptografi dan ilmu pendukung yang berbasis open sistem dan berorientasi kepada penerapan sesuai kebutuhan pengguna

Prospektus

Mahasiswa STSN terdiri dari mahasiswa ikatan dinas dan mahasiswa tugas belajar. Untuk mahasiswa ikatan dinas direkrut dari lulusan SMU/Madrasah Aliyah dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Memasuki tingkat II, untuk mahasiswa ikatan dinas akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

STSN sebagai perguruan tinggi kedinasan menghasilkan lulusan yang nantinya bekerja untuk mengisi jabatan-jabatan negeri dalam bidang persandian. Lulusan STSN dapat bekerja di Lembaga Sandi Negara RI atau Unit Teknis Persandian yang tersebar di berbagai instansi pemerintah dan TNI/POLRI.

Ilmu Persandian merupakan multidisplin ilmu sehingga pengembangan kemampuan lulusan STSN dilakukan melalui pendidikan ke jenjang lebih tinggi pada disiplin ilmu pendukungnya, misal: matematika, komputer, elektronika, dan telekomunikasi.
Sistem Pendidikan

STSN menerapkan pendidikan dengan sistem paket yang dinyatakan dalam satuan kredit semester (SKS). Beban studi yang harus diselesaikan adalah 146 SKS dan ditempuh selama 4 Tahun. STSN mempunyai 2 (dua) program studi yaitu Program Studi Teknik Persandian dan Program Studi Manajemen Persandian.

Program Studi Teknik Persandian memiliki dua bidang minat yaitu Teknik Kripto dan Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi.

Ikatan Dinas

Calon Mahasiswa dari umum yang dinyatakan Lulus Ujian Saringan Masuk dan diterima sebagai Mahasiswa STSN, diwajibkan menandatangani Perjanjian Ikatan Dinas dan mendapatkan Tunjangan Ikatan Dinas (TID), Sesuai dengan Peraturan yang berlaku.

Sumber: Iptek

19 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hmhmhm….. gmna sh cranya supaya bisa ikut di stsn…
    apa lagi jarak yang jauh seperti aku sekarang dan minimnya info tentang stsn….
    blh donk dkrimi soal2 untuk msk stsn…

  2. kalo seleksi untuk tahun 2010 kapan?????
    minta informasinya.
    terima kasih.

  3. pagii..
    salam stsn..
    kuk pengumuman hasil seleksi tahap pertama ga da ya??
    pdahal kan da tnggal 14juni..
    aku nungguin nii..
    dag..dig..dug
    bikin penasaran:/

  4. emhmhmh masuk STSN t susah gak c???? tolong kasih tau gmana cra pendftarannya juga ya?

    thanks sblumnya(^_^)……

  5. Mudah mudahan saya masuk tahun ini

  6. apa yang dimaksud dgn gelo…
    ini adalah sebuah sandi, pecahkan sendiri…

  7. tolong donk krm alamat yg lengkap sekolah sandi negara, gw blm tau. soalnya gw tgl 25 april 2011 mau kstu

    ## langsung saja ke webnya Sekolah TInggi Negara.. kan sudah saya kasih link-nya

  8. Gmn sich crnya biar kt bs msuk ke STSN…
    kasih tau donk cr nya…
    gue pngen bgt msuk k stsn,,

  9. mau numpang nanya nih..
    kalo lulusan stsn tuh jadi PNS golongan berapa yaa?
    tolong informasinya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: