Emile Bertrand Mbamba

22 April 2009 pukul 2:05 PM | Ditulis dalam Aremania | 8 Komentar
Tag:

Emile Bertrand Mbamba

Emile Bertrand Mbamba

Emile Bertrand Mbamba adalah pemain hebat berkebangsaan kamerun, pada tahun 2007-2008 bermain sebagai striker pembunuh untuk Arema Malang.

Emile Mbamba, sapaan akrabnya, adalah juga mantan pemain Maccabi Petah Tikva, Vitesse Arnhem dan klub Superliga Portugal, Vitoria Setubal. Fans berat Arema, Aremania mengharapkan pengalaman bermain di Eropa milik Mbamba untuk dipertunjukkan selama bermain untuk Arema. Di dalam Liga Indonesia, Emile Mbamba adalah salah satu pemain yang pernah bermain di Liga Champions Eropa.

Mbamba juga pernah bermain melawan Juventus saat membela maccabi tel aviv pada Piala UEFA 8 Desember 2004 silam dengan skor 1-1. pada saat itu maccabi memimpin dari goal yang diciptakan oleh Baruch Dego dari titik pinalti. Pinalti tersebut disebabkan oleh Jonathan Zebina yang mentekel Mbamba di kotak terlarang. Tapi akhirnya alessandro Delpiero menyamakan kedudukan di babak kedua (kalau mau baca asline bahasa inggris sam, g patek ngerti).

Walaupun debut Mbamba untuk Arema kurang memikat, akan tetapi lambat laun performa yang ditampilkan Mbamba mendapat perhatian sendiri dari publik bola tanah air, karena meskipun postur Mbamba tergolong tinggi besar akan tetapi mampu bergerak lincah dan mampu memanfaatkan setiap peluang yang ada. Pada laga melawan Persiba Balikpapan, Mbamba mencetak gol yang disebut – sebut sebagai World Class Goal lewat tendangan voli dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke pojok kiri gawang Laskar Selicin Minyak yang dijaga Made Wirawan.

Selain itu, Mbamba merupakan pemain termahal yang pernah dikontrak klub di Indonesia pada waktu itu, kontraknya disebut – sebut mencapai Rp 2.5 milyar.

Berikut profil singkat Emile Betrand Mbamba :
Panggilan : Mbamba
Lahir : Yaounde, Kamerun, 27 Oktober 1982
Postur : 176 cm/ 75 kg
Posisi : Striker
Hobi : Biliar

Karier klub :
2000-2004 Vitesse Arnhem (Belanda)
2004-2005 Maccabi Tel Aviv (Israel)
2005-2006 Maccabi Petah Tikva (Israel)
2006-2007 Vitoria Setubal (Portugal)
2007- 2008 AREMA MALANG

Karier Timnas :
Timnas Kamerun U-17
Timnas Kamerun U-20
Timnas Kamerun U-23

Namun yang sangat di sayangkan oleh AREMANIA sejagad adalah sanksi yang dikenakan oleh PSSI kepada Mbamba berupa hukuman tidak boleh bermain di Indonesia selama 5 (lima) tahun. Pemberian sanksi tersebut disebabkan karena Mbamba dianggap melakukan tindakan yang tidak terpuji secara berulang kali kepada wasit suprihatin sehingga dianggap layak dikenai pasal berlapis dan dijatuhi hukuman skorsing lima tahun plus denda Rp50 juta (jawaban Versi PSSI) saat menjamu PKT Bontang Di Stadion Kanjuruan.

Sangat tidak menguntungkan bagi Arema kalau mbamba kena hukuman, karena peran Mbamba sangat besar buat arema. Ada juga yang bilang bahwa skorsing untuk Mbamba merupakan salah satu cara untuk mencekal laju Arema.

Sekarang Mbamba bermain di Daegu FC (Korsel). Selamat jalan Emile Betrand Mbamba semoga kamu bisa mendapatkan klub dan liga yang bisa membuat kamu bermain maksimal, tidak seperti di liga ini….

8 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. bener bget mas..kasian mbamba pemain yang berkelas kok malah dihukum seenaknya..gak kyak C.Gonzales wes mukul2 kok bsa bebas..

  2. iya c…..

    itulah sepakbola, untuk Fair itu sangat sulit sekali..
    apalagi dengan kondisi Indonesia saat ini….

    maju terus Aremaku, maju terus Indonesiaku,,…

    (salam satu Djiwa)

  3. Selamat jalan mbamba….

  4. foto yang pke kaos arema tu fotonya mbamba ato mas atif y?

  5. mbamba itu menurut saya pemain asing terbaik yg pernah dimiliki liga indonesia,,dia datang di indonesia dalam usia emas nya,,tdk spt mario kempes,roger miLa,etc………….TP YA GT ITU ITU PSSI GOBLOK,NERAKA…..,,keputusan PSSI selalu ga enak

  6. arema itu gg ada apa apa nya tapi emile mbamba yg hebat seharusnya emile mbamba main di klub psps pekan baru itu baru sempurna…………

  7. arema itu pantek,asu,kondit,anjing tapi psps dan emile mbamba oke buuaaanget………

  8. Mbamba sering ngobrol dengan saya, dia sudah mengakui kesalahan dan memang seharusnya hukuman yang dia peroleh tak sebesar itu. Karena memang suatu kekhilafan. Dia berjanji untuk berubah, dia ingin bermain kembali di ISL.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: