jenis-jenis tumor otak

18 Maret 2009 pukul 3:48 PM | Ditulis dalam Kesehatan | 5 Komentar
Tag:

SETELAH mengetahui gejala dari tumor otak pada anak, sebaiknya kenali juga jenis-jenis tumor otak.

Medulloblastoma/Primitive Neuroectodemaltumor (PNET)

Tumor jenis ini sangat umum terjadi pada tumor otak anak-anak. Insiden 25 persen-35 persen dari kanker otak pada anak. Penyebab medulloblastoma masih belum diketahui. Hampir selalu tumbuh di pertengahan lokasi cerebellum atau di belakang medulla oblongata.

Gejala tergantung dari besar dan lokasi tumbuhnya tumor. Sering diketahui diderita anak-anak saat terjadinya sumbatan aliran cairan serebro spinal atau yang disebut hidrosefalus. Hal ini mengakibatkan sakit kepala, gangguan penglihatan, bahkan gangguan kesadaran. Terdapatnya gangguan koordinasi, gait, ataxia, dan nystagmus.

Pada pemeriksaan imaging CT Scan atau MRI tampak lesi berbatas tegas yang enhance dengan pemberian kontras di lokasi cerebellum.

Ependymoma

Tumor yang berasal dari lapisan ependymal dalam struktur otak yang melapisi dinding dalam rongga ventrikel. Biasanya ditemukan pada struktur dalam seperti rongga ventrikel atau canalis centralis dari medulla spinalis. Merupakan urutan ke-3 tumor otak terbanyak pada anak serta merupakan 50 persen pada anak dengan usia di bawah 5 tahun.

Gejala klinis tergantung dari besar dan lokasi tumbuhnya tumor. Pada anak-anak 90 persen terdapat pada fossa posterior. Hal ini menyebabkan terjadinya hidrosefalus dengan tanda-tanda (sakit kepala, muntah, head tilt, dan pandangan ganda). Bila terdapat pada dasar ventrikel IV dapat menyebabkan torticolis dan ataxia. Dapat disertai gangguan pendengaran, dysarthria, dysphagia, dan dysmetria.

Cerebellarastroytoma

Tumor yang berasal dari sel-sel otak yang bernama astrocyt. Terletak di fossa posterior atau di cerebellum. Gejala dan tanda hampir menyerupai gejala dan tanda pada tumor medulloblastoma atau ependymoma ventrikel IV. Dengan pemeriksaan CT scan, bahkan MRI dapat ditemukan gambaran lesi kistik dengan modul di sekitarnya.

Pinealregiontumor

Tumor ini terletak regio kelenjar pineal. Merupakan 3 persen-11 persen lebih sering diderita anak-anak dibandingkan dewasa. Gejala klinis tergantung dari besar dan lokasi tumbuhnya tumor. Dari beberapa penelitian sering kali berupa tumor germ cell (germinoma, teratoma, choriocarcinoma, embrional carcinoma, dan yolk sac tumor).
(sindo//tty)

hal-hal lain yang sejenis.

referensi :
okezone.com

5 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Minta informasi dong…saudara saya mengalami gangguan pada otak.hasil pemeriksaan dari dokter katanya penyakit spalgia atau apa gitu,saya juga kurang ngerti.Gejala awal bengkak di bagian kepala sebelah kiri.lama kelamaan “gosong” seperti kebakar, dan lambat laun menyerang bagian motorik.mohon informasinya dong.Trims

  2. bagaimana se penanganan pertama jika kedatangan sakit itu….
    pemeriksaan dokter,saya di vonis spalgia.kesakitan itu datang ketika beben berat yang mengganggu pikiran,,.. saya pengen tau jelas nya,, pemeriksaan apa yang harus saya jalani agar terbukti, dalam benak saya masih belum percaya….

  3. emang penyakit spalgia itu apa , dan akibat , penyebabnya apa ?
    bagaimana cara pengobatanya ??

  4. Tolong kasih tahu Spalgia itu apa, berbahaya apa tidak, masalahnya saya suka sakit kepala dan pernah saya pingsan dan pas dibawa ke RS dan diperiksa saya kena SPALGIA. Tiga hari saya di opnam dan sampai sekarang kalau capek atau kena hujan dikit aja saya suka pening dan badan lemes. Sebelumnya terima kasih………………..

  5. tolong minta informasinya dong…saudara saya mengalami gangguan sakit di kepala.sdh CT SCAn hasilnya tumor intrasella dengan infiltrasi sinus sphenoidalis. Ventrikulomegali ac hidrosefalus.itu maksudnya nya apa ya?kira2 berbahaya ga? terimakasih….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: