teh tidak menurunkan resiko kanker ovarium

4 Maret 2009 pukul 4:43 PM | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar

NEW YORK – Menyeruput secangkir teh dipercaya banyak orang memiliki manfaat bagi kesehatan. Sejumlah penelitin pun dilakukan untuk membuktikan kebenaran hal tersebut.

Studi terbaru berdasarkan data kombinasi dari sembilan studi mengungkapkan, secara keseluruhan minum teh tidak menunjukkan manfaat terhadap penurunan risiko kanker ovarium.

Namun, pada salah satu studi yang dilakukan di China -sebagian besar masyarakatnya meminum teh hijau- peneliti dari Nanjing Medical University di Provinsi Jiangsu, China, dr Bin Wang dan koleganya mencatat bahwa tren penurunan risiko kanker ovarium terkait peningkatan durasi dari minum teh.

Menurut peneliti, implikasi ini menunjukkan kemungkinan adanya perbedaan antara studi yang dilakukan di China dengan studi terhadap masyarakat Barat, yang sebagian besar masyarakatnya merupakan peminum teh hitam.

Wang dan kolega melihat hubungan antara meminum teh dan risiko kanker ovarium berdasarkan bukti polling dari delapan studi di negara-negara Barat dan satu studi di China.

Peneliti dalam laporannya pada American Journal of Obstretrics and Gynecology menyebutkan, konsumsi teh pada studi ini bervariasi, mulai secangkir kecil dalam sebulan hingga empat cangkir sehari.

Hanya, secara keseluruhan, mereka tidak menemukan bahwa mengonsumsi teh berhubungan dengan penurunan risiko kanker ovarium.

Satu studi menunjukkan hubungan dengan peningkatan risiko, satu berhubungan signifikan dengan penurunan risiko, dan tujuh studi lainnya menunjukkan hasil yang tidak signifikan.

“Penemuan kami tidak mendukung bahwa konsumsi teh hitam berhubungan dengan penurunan risiko kanker ovarium,” ujar Wang kepada Reuters.

Peneliti mengatakan, teh hitam dan hijau mungkin meunjukkan perbedaan hubungan dengan risiko kanker ovarium. Ini mungkin disebabkan perbedaan metode produksi yang digunakan antara teh hitam dan hijau. Hasilnya, dalam jenis teh ini terdapat perbedaan komposisi kimianya.
(Sindo Pagi//tty)
sumber okezone.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: