Tak Mudah Hentikan Pecandu Rokok

4 Maret 2009 pukul 4:49 PM | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar

PALEMBANG, RABU – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Eddy Yusuf mengakui, masih sulit untuk menghentikan warga yang mengisap rokok terutama yang sudah menjadi pecandu, mengingat kebiasaan itu telah menjadi tradisi.

“Paling-paling bisa memperkecil ruang gerak para pecandu rokok itu, sedangkan untuk menghilangkan sama sekali sepertinya tidak mungkin,” kata Eddy, ketika menerima Pemuda Anti Rokok, di Palembang, Selasa.

Pemuda Anti Rokok (PAR) yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan pelajar itu menemui Wagub Sumsel sehubungan pihaknya akan melaksanakan penyuluhan anti rokok ke kabupaten dan kota di provinsi itu.

Lebih lanjut dia mengatakan, budaya masyarakat menunjukkan banyak perokok, sehingga untuk menghilangkan kebiasaan itu agak sulit.

“Lingkungan sangat mempengaruhi budaya merokok, sementara hampir setiap lingkungan masyarakatnya menjadi perokok,” ujar Wagub pula.

Karena itu, dalam penyuluhan nanti yang perlu ditekankan adalah bahaya bila merokok, bukan dilarang merokok, kata dia lagi.

Menurut Eddy, merokok memang sangat bahaya bagi kesehatan, sehingga perlu dihindarkan bagi seluruh lapisan masyarakat.

emdaprov setempat menyambut baik program yang dilaksanakan Pemuda Anti Rokok itu, karena keberadaan organisasi tersebut juga membantu di bidang kesehatan sehingga perlu didukung bersama.

Ketua PAR, Zulkifli mengatakan, dalam penyuluhan nanti pihaknya hanya menyarankan bagi masyarakat yang akan merokok supaya dilakukan di tempat tempat tertentu saja.

“Jangan sampai perokok pasif juga tidak terkena dampak dari candu rokok itu,” kata dia pula.

Dia menyebutkan, sekarang ini perokok hampir terdapat di setiap sudut kota termasuk di dalam kendaraan angkutan umum, sehingga kalau dibiarkan dapat mengganggu penumpang lain yang tidak merokok.

ABD
okezone.com

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: