Buah-buahan Sebabkan Diare dan Gas

4 Maret 2009 pukul 4:49 PM | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar
Tag: ,

Mengonsumsi buah-buahan terlampau banyak dapat menyebabkan adanya gas di lambung serta kejang perut dan diare pada mereka-mereka yang sensitif yang memiliki intoleransi terhadap fruktose, demikian disampaikan oleh perkumpulan ahli alergi dan asma Jerman.

Seorang dewasa yang sehat biasanya tidak dapat menoleransi lebih dari 25 gram fruktose dalam sehari. Jumlah tersebut lebih rendah bagi orang-orang yang alergi terhadap buah-buahan yang memiliki masalah utama usus besarnya mengalami kesulitan untuk menyerap dan mengirim fruktose ke bagian tubuh yang lainnya.

Banyak orang tua yang meyakini bahwa memberikan banyak buah-buahan kepada putra-putrinya adalah baik bagi kesehatan anak-anak mereka.

Pada orang tua yang sering kali memberikan minuman sari buah apel pada anak-anak mereka, dihimbau bahwa seringkali minuman itu telah diberi pemanis fruktose dan seseorang dapat mengonsumsi minuman tersebut dengan jumlah fruktose paling banyak 25 gram, demikian disampaikan oleh Sonya Laenmel seorang ahli gizi .

Jadi untuk mencapai satu pola makan yang sehat berimbang dianjurkan agar lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran, kata Sonya Laenmel.

Jumlah konsumsi buah-buahan yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 500 gram untuk satu hari sedangkan kepada anak-anak separuh dari jumlah tersebut di atas.

Agar fruktose dapat dicerna dengan baik maka diingatkan bahwa kelompok usia dewasa jangan mengkonsumsi buah-buahan saat perut mereka kosong sebaiknya hidangan buah-buahan dikonsumsi dengan susu asam (yoghurt) .

Buah-buahan yang memiliki kandungan tinggi fruktose termasuk di sini adalah apel, pear, kurma, mangga dan nanas. (kpl/cax)

sumber: kapanlagi.com

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: