cara kurangi stress

3 Maret 2009 pukul 2:04 PM | Ditulis dalam Kesehatan | 1 Komentar
Tag:

STRES memang tak dapat dihindari. Siapapun bisa mengalaminya. Namun, ternyata ada orang-orang yang enjoy dengan hidupnya yang penuh tekanan, sementara orang lain terlihat tak bisa mengendalikan diri?

Anda kini mungkin sedang dalam kondisi jenuh dan stres tingkat tinggi, sehingga membuat tidak nyaman. Mencoba berdamai dengan stres pasti sulit, tapi berkubang terus di dalamnya juga menyengsarakan hidup Anda. Berikut ini cara tepat merilekskan diri agar hidup Anda kembali berwarna, seperti dikutip dari Health Discovery.

Latihan pernapasan

Jika kondisi sedang dalam tidak fit akibat setumpuk masalah yang dihadapi, Anda dapat rutin melakukan latihan pernapasan. Cara ini bisa menjadikan pikiran kembali jernih sekaligus membuat tubuh jadi lebih sehat. Caranya, ambil posisi duduk atau berbaring sementara dengan menyilangkan tangan ke bahu. Tarik nafas dalam-dalam hingga Anda merasakan udara masuk ke paru-paru. Kemudian, keluarkan perlahan. Lakukan latihan pernapasan 5-20 menit.

Terapi relaksasi

Dalam merilekskan otot-otot yang tegang, Anda dapat melakukan terapi relaksasi, seperti yoga, di rumah maupun pusat kebugaran yang menawarkan program tersebut. Jika Anda melakukannya di rumah, pasanglah musik berirama tenang dan cari lokasi rumah yang tenang agar hati pun ikutan tenang.

Gerakan bahu

Cara lain bisa dengan menggerakkan kedua bahu Anda ke depan dan ke belakang secara bergantian. Iringi latihan Anda dengan musik yang menenangkan.

Buang pikiran buruk

Rileks bukan hanya diukur dengan tubuh yang sehat. Untuk bisa rileks, Anda juga butuh pikiran yang jernih. Buanglah semua pikiran buruk dan ganti dengan pikiran positif dalam melihat suatu hal. Sebagai contoh, Anda bisa mengingat memori menyenangkan saat pasangan memberi puisi cinta ketika kencan pertama.

Salurkan dengan seni

Seni merupakan salah satu bentuk ekspresi jiwa dan perasaan. Rilekskan tubuh dan pikiran Anda dengan melakukan aktivitas yang sesuai hobi dan minat, seperti bergabung dengan klub musik.

Iklan

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Agar tidak terserang stress,berpikir positif, berlaku positif..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: