Wisata Burung

28 Februari 2009 pukul 6:29 AM | Ditulis dalam Wisata Malang | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

Taman wisata burung ini terletak di Desa Jeru sekitar 12 km dari objek Taman wisata Wendit Pakis, merupakan pusat penangkaran fauna khususnya burung Cucak Ijo atau dalam bahasa latinnya Chloropsis Sonnerati berasal dari daerah Malang Selatan dan ada juga penangkaran sejumlah burung lokal ; diantaranya Pelatuk, Punglor,Gelatik, Pipit dan Trocokan. Hal ini diharapkan masyarakat berperan aktif dalam konteks pelestariannya.

Sedangkan lahan selebihnya termasuk dalam pengembangan yang tertera dalam site plan dimana membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan diperlukan pula investasi para investor. Burung Cucak IjoDengan dibangunnya penangkaran burung terbesar dengan lahan seluas 9,5 ha. Dalam perencanaan tidak seluruhnya lahan diproyeksikan untuk penangkaran fauna melainkan akan diciptakan identitas daerah yang tergambar melalui flora dan faunanya. Khusus untuk penangkaran Cucak Ijo disediakan lahan 0,5 hektar dan didalamnya sudah termasuk pula untuk penangkaran beberapa jenis burung lokal. Burung Cucak Ijo adalah Maskot Fauna dari Kabupaten Malang diharapkan berperan pula sebagai sarana meningkatkan promosi kepariwisataan, penelitian dan pendidikan.

Burung NuriDalam taman wisata flora dan fauna ini masyarakat bisa secara langsung melihat cara budidaya serta pemeliharaan beberapa macam satwa yang ada. Cucak Ijo dikategorikan salah satu jenis burung berkicau dengan penampilan binal dan liar serta mempunyai vokal suara yang nyaring dan berirama meski kehidupannya di tengah hutan, kecenderungan Cucak Ijo memilih lokasi di sekitar sungai-sungai kecil berbatu. Sebab Cucak Ijo gemar mandi menjelang tengah hari terutama pada musim panas.

Uniknya dari burung berbulu hijau terang ini, walaupun hidupnya berkelompok tetapi saat mencari makan, melepaskan diri. Makanan khasnya, buah-buahan (pepaya, pisang) dan serangga. Saat bertelur, si jantan dan betina membuat sarang. Begitu pula ketika mengeram, dilakukan bergantian hingga menetas. Musuh utama yang menghambat perkembangbiakan Cucak Ijo adalah ular dan burung alap-alap. Untuk kepentingan pembudidayaan dan pelestarian floranya disediakan lahan seluas 0,5 hektar.

Sarana pendukung lainnya antara lain : Area untuk lomba burung berkicau serta pusat informasi. Untuk beberapa sarana pendukung yang lain seperti arena bermain yang pada saat ini masih dalam proses pengerjaan

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: