definisi Kegunaan Tertinggi dan terbaik untuk properti

13 Februari 2009 pukul 5:34 PM | Ditulis dalam Penilaian | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

Kegunaan tertinggi dan terbaik (highest and best use) dapat didefinisikan sebagai Penggunaan yang paling memungkinkan dan diijinkan dari suatu tanah kosong atau tanah yang sudah dibangun, yang mana secara fisik memungkinkan, didukung/dibenarkan oleh peraturan, layak secara keuangan dan menghasilkan nilai tertinggi.

Untuk memahami kejelasan perbedaan di antara penggunaan tertinggi dan terbaik dari tanah kosong dengan properti yang telah terbangun, maka andaikan sebuah properti rumah tinggal. Jika properti tersebut berlokasi di kawasan yang dizoningkan untuk kegunaan komersial, maka produktifitas maksimum dari tanah kosong tersebut adalah lebih didasarkan pada kegunaan komersial. Namun bila ada kompetisi yang cukup untuk penggunaan sebagai rumah tinggal; maka kegunaan tertinggi dan terbaik dari properti yang telah terbangun adalah untuk penggunaan sebagai tempat tinggal (residential).

Kegunaan tertinggi dan terbaik dari sebidang tanah tertentu tidak tergantung pada analisis subjektif dari pemilik properti, pengembang atau penilai sekalipun, tetapi kegunaan tertinggi dan terbaik dibentuk oleh kekuatan persaingan pada pasar dimana properti terletak. Kekuatan pasar ini selanjutnya akan membentuk nilai pasar. Data umum yang dikumpulkan dan dianalisis untuk mengestimasi nilai properti juga digunakan oleh penilai untuk memformulasikan sebuah opini dari kegunaan tertinggi dan terbaik dari suatu properti pada tanggal penilaian tertentu.
Secara tradisional, analisis kegunaan tertinggi dan terbaik selalu dikaitkan dengan analisis residual tanah (land residual analysis), yaitu diturunkan dari ekonomika klasik. Dalam analisis residual tanah klasik, nilai adalah atribut yang melekat pada pendapatan yang telah dikurangi dengan biaya pengembangan (improvement cost).

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: