Mari Berperang Melawan Rokok

5 Februari 2009 pukul 12:02 PM | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar
Tag: ,

PARIS – Seluruh dunia sedang berperang melawan rokok. Negara-negara memiliki caranya sendiri memberlakukan larangan merokok. Bar-bar penyedia shisha (rokok yang dihisap melalui pipa air) di Prancis akan menghadapi masa depan yang suram ketika hukum baru tentang antimerokok dirilis Januari 2008.

Memang bar-bar penyedia shisha di Prancis, sebagai pusat kehidupan imigran yang mulai menyediakan menu serupa dengan kafe tradisional di Prancis kini sedang waswas menghadapi hukum antimerokok yang baru. Larangan merokok akan menjadi salah satu penyebab matinya bisnis yang memiliki ruang minum teh yang eksotik ini, sembari menghisap tembakau rasa madu atau apel melalui pipa air atau juga disebut pipa hookah.

Kedai minum teh yang menyediakan shisha ini diestimasikan di Prancis sekira 800 dari total sekira 46.000 kafe di negara ini. Kebanyakan penggemar shisha merupakan imigran yang kemudian menjadi begitu populer di kalangan anak muda Prancis, yang ingin mendapatkan alternatif lain dari sekadar bar alkohol.

“Ini merupakan sesuatu yang bersifat sosial, kamu menghisap shisha bersama teman-temanmu,” kata Adnene Daabak, yang berbagi shisha dengan teman-temannya sembari menonton pertandingan sepak bola seperti dikutip Reuters.

Sedangkan Irlandia merupakan negara pertama yang mengeluarkan larangan merokok di tempat kerja di seluruh penjuru Irlandia pada tahun 2004, sedang Amerika Serikat (AS) termasuk di dalamnya Florida dan California juga mengeluarkan larangan yang sama pada 2003. Pada November 2004, Bhutan merupakan negara pertama yang melarang penjualan tembakau sepenuhnya.

Kemudian pada tahun 2007 ini juga ada beberapa negara yang telah mengeluarkan larangan merokok dalam berbagai bentuk. Pada Januari 2007, Hong Kong mengeluarkan larangan merokok di dalam ruangan tempat kerja, restoran, taman, dan pantai. Bagaimanapun, bar, klub malam, dan kamar mahyong yang masih diberi kesempatan sampai tahun 2009.

Pada bulan yang sama, Belgia juga mengeluarkan aturan larangan merokok di restoran dan tempat lain di mana makanan disajikan. Namun, merokok masih diperbolehkan di bar dan kafe dengan syarat tempat tersebut memiliki ventilasi yang cukup. Belgia memang telah mengeluarkan aturan larangan merokok di tempat kerja.

Kemudian Lituania pada Januari 2007 juga mengeluarkan larangan merokok di bar, restoran, kafe, klub, dan diskotek. Merokok di tempat lainnya akan dikeluarkan oleh pemerintah setempat pada Januari 2008. Pada Februari 2007, Prancis mengeluarkan aturan larangan merokok di sekolah, rumah sakit, dan tempat-tempat anak-anak. Aturan larangan yang lebih luas termasuk bar, restoran, dan hotel akan dimulai pada 2008.
Pada April 2007, Wales menjadi negara kedua di Inggris yang melarang rokok di tempat publik. Sementara di Irlandia Utara, perokok harus berhati-hati apabila ketahuan merokok di pub, kantor, atau di dalam ruangan lainnya setelah aturan larangan dikeluarkan, maka akan menghadapi jeratan hukum. Pada Mei 2007, Parlemen Portugal akhirnya menyetujui hukum tentang larangan merokok di dalam ruangan seluruh tempat publik. Sedang di Dubai, larangan merokok diberlakukan untuk di gedung-gedung pemerintahan, sekolah, kampus, yang merupakan langkah awal larangan melalui perdagangan Teluk Arab dan turisme pada akhir 2009.

Pada Juni 2007, Finlandia dan Islandia kedua negara ini melarang rokok di restoran, kafe, dan bar. Estonia mulai melarang merokok di bar, restoran, warung kopi, dan klub malam. Sedang pada Juli 2007, larangan merokok yang dikeluarkan Inggris mulai memberikan dampak. Di Australia, larangan merokok memberikan efek pada pub, klub pada dua negara dengan penduduk terbanyak yaitu New South Wales dan Victoria.

Pada Agustus 2007,di Jerman wilayah barat dan timur menjadi negara pertama yang melarang rokok di tempat publik. Sedangkan 13 wilayah lainnya akan mengeluarkan larangan merokok pada tahun mendatang.

Sedang di Denmark, implementasi dari aturan larangan merokok diberlakukan di restoran, bar, angkutan umum, tempat publik maupun pribadi. Terkecuali dalam aturan itu adalah bar kecil di bawah ukuran 40 meter persegi dan kantor yang memiliki sistem filter khusus.
(Abdul Malik/Sindo/mbs)
sumber : okezone.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: