Diet Mediteranian, Jauhkan Diri dari Asma

5 Februari 2009 pukul 1:08 PM | Ditulis dalam Kesehatan | 1 Komentar

DIET ternyata tak hanya bermanfaat dalam mengontrol berat badan.Penelitian terbaru menyebutkan, diet mediteranian dapat melindungi anak dari asma dan jenis alergi yang lain.

Pola makan tidak sehat telah diketahui berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Karena itu, banyak orang yang mulai kembali melakukan perubahan pola makan dengan melakukan program diet alami.
Salah satunya seperti diet mediteranian. Berbagai penelitian telah membuktikan banyak manfaat dari diet ini dan yang terbaru mengungkapkan hubungannya dengan penyakit asma.

Dalam penelitian yang melibatkan 468 ibu hamil dan bayi yang mereka kandung, sejak usia kehamilan enam bulan dan setengah tahun setelah kelahiran. Peneliti menemukan bahwa anak-anak yang ibunya mengonsumsi sayuran, buah, dan kacang-kacangan selama masa kehamilan mengalami penurunan risiko asma dan jenis alergi yang lain secara signifikan.

Staf Royal Brompton Hospital and National Heart and Lung Institute Dr Paul Cullinan mengatakan, diet mediteranian memiliki hubungan yang signifikan dalam menerjemahkan respons kulit terhadap alergi.

“Pesan dari studi itu adalah bahwa makanan dengan kadar antioksidan yang tinggi baik buat kita (ibu dan bayi),” katanya seperti dikutip BBC.

Pola makan atau diet ala mediteranian ini banyak mengasup ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan sedikit makanan hasil olahan ternak, seperti susu, keju, dan mentega. Ditambah dengan daging berwarna merah dalam jumlah sangat sedikit.

Nah, pola makan seperti ini ternyata sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya bermanfaat dalam menghindari penyakit jantung koroner, penelitian terbaru juga menyebutkan diet mediteranian efektif menjauhkan diri dari penyakit asma.

Ensiklopedia Wikipedia menyebutkan, asma sebagai suatu keadaan di mana saluran napas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu sehingga menyebabkan peradangan dan penyempitan yang bersifat sementara.

Penyakit paru-paru kronis ini disebabkan peradangan saluran udara dan berakibat pada keterbatasan dalam merespons rangsangan tertentu. Hal ini dicirikan dengan beragam gejala, termasuk bengek, batuk, dan penyempitan saluran udara yang mengakibatkan kekurangan dalam bernapas.

Menurut Global Initiative for Asthma (GINA), lebih dari 300 juta orang di dunia menderita asma. Kelazimannya bervariasi dari 0 sampai 30 persen pada sejumlah populasi berbeda. Kelaziman pada asma meningkat kurang lebih 50 persen setiap dekade. Adapun kematian di seluruh dunia karena asma mencapai lebih dari 180.000 orang per tahun.

Tim peneliti dari Universitas Crete menemukan bahwa anak-anak yang menjalani diet mediteranian terlindungi dari asma dan alergi. Tidak hanya itu,diet dari ibu mereka selama kehamilan menunjukkan hal yang lebih signifikan. Konsumsi sayuran lebih dari enam kali per minggu, ikan lebih dari tiga kali seminggu menunjukkan dampak perlindungan yang setara.

Peneliti mengatakan, diet mediteranian memelihara dengan lebih baik keseimbangan dan makanan yang mengandung manfaat dari vitamin dan mineral.

Sementara itu, diet tinggi antioksidan, dapat menjaga – termasuk di paru-paru- tetap sehat. Fatty acid dari ikan yang diketahui dapat menolong potensi kerusakan dari inflamasi. “Studi lebih lanjut dibutuhkan untuk mengetahui secara lebih baik mekanisme dari dampak perlindungan,” ungkap peneliti.

Sementara itu, asisten direktur peneliti dari YayasanAsma Inggris Raya, Leanne Male mengatakan, dukungan ini penting diberikan kepada ibu hamil untuk makan makanan sehat dan diet seimbang.

Dia mengatakan,hasil studi tersebut menambah bukti bahwa diet sehat dapat memainkan peran penting dalam mengontrol gejala asma. Penelitian ini mendemonstrasikan bahwa diet mediteranian, yang mengandung bahan tradisional tinggi level dari buah segar dan sayuran dapat berdampak positif pada gejala asma pada anak.

“Ini merupakan fakta yang signifikan untuk para ibu di Inggris yang merupakan salah satu negara tertinggi jumlah penderita asma di seluruh dunia,” tandasnya.
(sindo//tty)

sumber okezone.com

Iklan

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. s merchants of vitamins, give boundless electrical power, support the best possible nutrient amounts and invigorate fantastic health and
    fitness. Royal Jelly is manufactured exclusively foor feeding the queen bee
    it really is an particularly wholesome compound, loladed with
    amino acids, milky-white creamy liquid and
    it is secreted by way of a gland in the nurse bee.

    Among a great deal off issues, keeping away fromm nicotine, alcohol, hoping to cut down tension amounts are vital.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: