Diet dan Olahraga, Lepaskan Jerat Sindroma Metabolik

5 Februari 2009 pukul 10:02 AM | Ditulis dalam Kesehatan | 1 Komentar

Komponen-komponen sindroma metabolik yang tampak pada anak-anak dapat ditangani dengan memperbaiki pola diet dan latihan fisik (olarhaga) yang rutin. Demikian hasil sebuah penelitian menyebutkan.

Sindrom Metabolik yang dialami orang dewasa terjadi saat mereka sekurangnya memiliki tiga faktor risiko, seperti melarnya lingkar perut (perempuan lebih dari 35 inch/88,9 cm dan laki-laki 40 inch/101,6 cm), rendahnya kadar kolesterol baik HDL, dan meningginya kadar trigliserida serta gula darah.

Meski kadang sulit mendiagnosa kondisi ini pada anak, kluster yang mirip dapat tampak pada anak-anak. Laporan, yang dipublikasi secara online pada 12 Januari di Circulation meminta para dokter untuk mengukur dan merawat masing-masing sindrom yang ada pada anak-anak sambil merubah gaya hidup dengan diet dan latihan fisik.

“Faktor-faktor risiko yang tidak diinginkan dan hubungan di antara faktor-faktor itu akhirnya akan menimbulkan sindrom metabolik pada anak-anak,” ujar Dr Julia Steinberger, Direktur Pediatric Echocardiography and Preventive Cardiology di RS Anak Universitas Minnesota di Minneapolis dalam rilis yang dibuat American Heart Association.

Kebanyakan peningkatan risiko ini terkait dengan meningkatnya kasus kegemukan pada anak-anak (sektiar 17 persen) usia 6 hingga 19 tahun, seperti yang diungkap Asosiasi Jantung. Indeks massa tubuh di atas 95 pada anak dikatakan sudah merupakan tahap di mana anak berada pada tataran kegemukan.

“Kami katakan bahwa kegemukan merupakan problem terbesar pada anak-anak,” ujar Steinberger. “Telah terbukti bahwa saat pola diet dan latihan fisik diperbaiki pada anak yang kegemukan, struktur dan fungsi pembuluh darah pun membaik meski berat badannya tidak menurun.”

ABD

Iklan

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Hello Dear, are you genuinely visiting this web site on a regular basis,
    if so after that you will without doubt get good know-how.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: