cowok pun bisa kena kanker payudara

5 Februari 2009 pukul 1:00 PM | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

NEW YORK-Mutasi gen BRCA 1 dan BRCA 2 dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Mutasi gen ini tidak hanya dapat terjadi pada perempuan, laki-laki pun memiliki risiko yang sama.

Walaupun hanya berisiko 1 persen, laki-laki dapat megalami kanker payudara. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa laki-laki yang membawa mutasi gen BRCA 2 akan lebih berisiko mengalami kanker payudara.

Kini, penelitian terbaru menyebutkan bahwa mutasi gen BRCA 1 juga menyebabkan risiko yang sama. Peneliti dari Chen from Johns Hopkins School of Medicine in Baltimore, Maryland, Dr Sining meneliti 1.939 keluarga, termasuk 97 laki-laki dengan kanker payudara.

“Keseluruhan kelompok umur, rata-rata laki-laki akan berisiko sama mengalami kanker payudara para pembawa karier mutasi gen BRCA 1 dan BRCA 2 dibandingkan mereka yang tidak,” ujar peneliti dalam The Journal of the National Cancer Institute.

Hubungan di antara keduanya terjadi pada laki-laki berusia antara 30-40-an dan akan semakin berkurang seiring meningkatnya usia. Sebagai contoh, pada laki-laki pembawa mutasi gen BRCA 2 berumur 30 akan berisiko 22 kali menjadi kanker payudara dibandingkan pembawa risiko berusia 70 tahun.

Risiko akan semakin tinggi untuk pembawa mutasi gen BRCA 2 dibandingkan BRCA 1. Peneliti juga menganalisa, pada pria berusia 70 tahun akan mengalami kanker payudara hingga 1,2 persen dan sebanyak 6,8 persen laki-laki pembawa karier gen mutasi BRCA 2. (sindo//mbs)
sumber Okezone.com

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: