Awas, Air Panas Bikin Kulit Cepat Keriput!

5 Februari 2009 pukul 9:57 AM | Ditulis dalam Kesehatan | Tinggalkan komentar

JANGAN terlalu sering mandi menggunakan air panas kalau tidak ingin kulit Anda menjadi kering dan keriput. Air panas akan menghilangkan lapisan minyak sehingga penguapan air dari kulit akan lebih banyak. Akibatnya kulit akan terasa lebih kering dan mudah menimbulkan keriput pada tangan dan kaki. Bila hal tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, bukan tidak mungkin akan terjadi penuaan dini.

Pengaruh sinar matahari, kelembaban udara, pembentukan radikal bebas, penyakit sistemik, gizi buruk, stres, penurunan berat badan terlalu cepat dan perawatan kulit yang salah juga menjadi faktor luar yang dapat merusak jaringan kulit.

Sebenarnya, perawatan kulit itu sendiri tidak terlalu sulit. tetapi masalahnya sekarang, banyak orang yang masih melakukan perawatan yang salah, misalnya, seperti penggunaan kosmetika yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit. Seseorang dengan kulit kering, contohnya, menggunakan pembersih dengan kadar alkohol tinggi, sehingga menambah kekeringan kulit.

Perawatan kulit sebaiknya dilakukan sejak dini, teratur dan dilakukan dengan benar untuk memperlambat proses penuaan. Caranya mulai dengan membersihkan, melembabkan dan melindungi kulit wajah dan tubuh. “Penggunaan pelembab di ruang ber-AC dimaksudkan untuk mempertahankan kadar air dalam kulit supaya tidak keluar. Terlebih lagi bila kulitnya kering. Sedangkan untuk perlindungan adalah dengan menggunakan krim tabir surya untuk menyaring sinar ultraviolet yang datang ke kulit,” jelas Dr. Tina. Selain itu, makanan bergizi, berolahraga, istirahat dan tidak stres juga menjadi bagian dari perawatan kulit agar tetap sehat.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: