Kenali Rambut Anda

4 Februari 2009 pukul 9:43 AM | Ditulis dalam Kesehatan | 3 Komentar

BERUBAN pada usia dini atau premature graying sebagian besar disebabkan faktor genetik. Selain itu, kekurangan vitamin B12 dan stres. Uban muncul karena pigmen melanin yang berhenti berproduksi pada akar rambut sehingga rambut baru yang tumbuh berwarna putih atau abu-abu.

Hasil penelitian JG Mosley dalam sebuah jurnal kesehatan Inggris (British Medical Journal, 1996) menyebutkan, faktor ras juga memiliki pengaruh kuat. Pada ras kulit putih Kaukasian, uban dini umumnya sebelum memasuki usia 20 tahun, sedangkan pada ras Asia sebelum usia 25 tahun, dan pada ras kulit hitam rata-rata sebelum usia 30 tahun.

Penyebab lain munculnya uban pada usia dini, juga bisa disebabkan faktor penyakit, pengaruh obat-obat kimia maupun herbal, serta suplemen makanan. Misalnya anemia kronis, kelebihan atau kekurangan kelenjar gondok, kekurangan protein, osteopania, dan kelainan pembuluh darah jantung.

Kebiasaan merokok juga menjadi pemicu timbulnya uban pada usia dini. Perokok memiliki risiko empat kali lebih tinggi mengalami uban pada usia dini dibandingkan mereka yang tidak merokok. Tak cuma itu, anak-anak yang pernah menjalani kemoterapi atau memiliki sistem kekebalan tubuh rendah sangat berisiko mengalami uban dini. Untuk itu, secara umum hidup sehat akan mampu menghindari siapa pun dari rambut beruban di usia belia.

“Rambut baru bisa dikatakan sehat apabila batang rambut licin, tidak bercabang, dan kulit kepala tidak mengelupas,” kata JG Mosley.

Agar kesehatan rambut tetap terjaga, untuk merawatnya tidak hanya dilakukan dalam satu kali, juga harus ada perawatan khusus secara berkelanjutan agar hasilnya menjadi lebih maksimal. “Gejala awal tumbuhnya uban adalah rambut berubah menjadi abu-abu dan sering kali terasa gatal. Jika sudah begitu, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Jangan sampai dibiarkan berlarut-larut,” ucapnya.

Agar terhindar tumbuhnya uban pada usia dini, JG Mosley menyarankan setiap orang mengenali karakter rambut masing-masing, juga mengenali kerusakan yang terkadang bisa dilihat dan dirasakan. “Amati rambut sesering mungkin, juga kulit kepala. Jika terasa sesuatu yang berbeda, segeralah berkonsultasi,” ujarnya.
(sindo//tty)

Iklan

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Mas saya umur 15 tp kq ubanan saat sy ke dokter ktnya gpp dan dikasih vitamin. Gmana agr bs hitam tnpa semir? Reply ya!

    @ untuk mas achmad, anda kan sudah ke Dokter, jadi kamu usahakan melaksanakan apa yang dikatakan oleh dokter tadi, karena dokter uda memeriksa kondisi rambut kamu…
    trus untuk tambahannya, pakai bahan-bahan yang alami, misalnya Orang-aring, lidah buaya, kemiri dll…
    selamat mencoba dan semoga sukses..

  2. Sy berumur 27 thn sdh beruban 40% dari usia 14 thn saya sdh Beruban..apakah ada Salon yg bisa mengatasi & hasilnya Permanen ?

  3. Makanan apa yg bisa digunakan untuk mengatasi uban yg sudah terlanjur muncul?…
    Thanks..:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: