penilaian tanah

3 Februari 2009 pukul 9:35 AM | Ditulis dalam Penilaian | Tinggalkan komentar
Tag: , ,

(Pengertian dan Ruang Lingkup Ekonomi Tanah)

Pengertian Ekonomi Tanah

Ilmu ekonomi muncul karena 3 hal/kenyataan:


1. Kebutuhan manusia relatif tidak terbatas (needs)

2. Resources yang tersedia relatif terbatas

3. Masing2 Resources mempunyai beberapa alternatif penggunaan/opportunity cost.

Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari prilaku manusia didalam memenuhi kebutuhannya yang relatif tidak terbatas dengan menggunakan resources yang relatif terbatas dan masisng2 resources mempunyai beberapa alternatif penggunaan.

Ilmu Ekonomi adalah suatu studi tentang bagaimana masyarakat menggunakan resources yang relatif terbatas untuk memproduksi barang2 yang berharga dan mendistribusikannya kepada orang2 yang berbeda

Ilmu Ekonomi secara umum dipisahkan menjadi 2 antara lain:

1.Ilmu Ekonomi MIKRO 2.Ilmu Ekonomi MAKRO

Berkaitan dengan ekonomi tanah, IE MIKRO lebih dekat dibanding IE MAKRO.

Ekonomi mikro mempelajari prilaku2 unit kecil pelaku ekonomi di dalam membuat keputusan, unit2 kecil pelaku ekonomi meliputi : Individu, Rumah Tangga dan Perusahaan.

Didalam Ekonomi Makro ada 3 masalah utama yang dipelajari:

1. WHAT 2. HOW 3. FOR WHOM

4 PERSPECTIVES OF LAND

Ú Land is as Functional Space Devoted to various USES

Ú Land is as a SETTING of ACTIVITY SYSTEM

Ú Land is as A COMMODITY to be DEVELOPED

Ú Land is as a PERCEPTUAL IMAGE or AESTHETIC RESOURCES

LAND DEMAND

Ú Persamaan yang menunjukan hubungan antara jumlah tanah yang diminta dan semua faktor yang mempengaruhi.

Ú Rumus :

QDx = F(Px,Po,Y,T)

QDx = Quantity demanded of x

Px = Price of x

Po = Price of others

Y = Income

LAND SUPPLY

Ú Persamaan yang menunjukan hubungan antara harga tanah dengan jumlah yang ditawarkan.

Ú Rumus :

Qsx = F(Px,Pi,teknologi,iklim,..)

Qsx = Quantity supplied of x

Px = Price of x

Pi = Price of input

Economics Flows

PASAR INPUT

1.Tenaga kerja

2.Tanah/ lahan

3.Hasil bumi

4.Bangunan /rumah

PASAR OUTPUT

Rumah Tinggal

Kenderaan

Televisi

Jasa pendidikan/ kesehatan/tranportasi

Perbankan

Hiburan

SRUKTUR PASAR

PERFECT COMPETETION MARKET

IMPERFECT COMPETETION MARKET

PERFECT COMPETETION

Karakteristik

Many buyer and seller

Product homogeneous/substitute

Easy to entry and exit

Information mobile

PERFECT COMPETETION

Many Buyer and Seller

No one is dominant in the market

Price is determine by the market mechanism

Price is constant

Price taker

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: