pengertian Ekonomi

3 Februari 2009 pukul 1:58 PM | Ditulis dalam Ekonomi Tanah | Tinggalkan komentar
Tag: , , , , , , ,

Ekonomika atau ilmu ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang berarti rumah tangga serta nomos yang berarti mengatur rumah tangga.

Dalam hal ini tidak hanya terbatas pada rumah tangga individu, melainkan dapat mengandung arti yang lebih luas. Hal itu karena manusia selain sebagai individu, juga sebagai makluk sosial. Dengan demikian, dalam kehidupan selalu terkait antar manusia satu dengan manusia lain, manusia satu dengan anggota keluarganya, dan manusia dengan warga masyarakat, baik masyarakat desa, kota, maupun lingkup yang lebih luas.

Dengan demikian, rumah tangga yang perlu diatur meliputi rumah tangga individu, rumah tangga keluarga, rumah tangga desa, rumah tangga kota, rumah tangga pemerintah/negara, dan rumah tanga dunia. Ilmu ekonomi merupakan suatu bidang studi yang sudah lama berkembang.

Perkembangannya bermula sejak tahaun 1776, yaitu setelah Adam Smith, seorang pemikir dan ahli ekonomi Inggris, menerbitkan bukunya yang berjudul An Inquiry into the nature and Cause of the Wealth Nation. Beberapa pandangan dalam bukunya tetap mendapat perhatian dalam pemikiran ahli-ahli ekonomi pada masa kini. Adam Smith dapat dianggap sebagai bapak ilmu ekonomi.

smangat!!!! 😀

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: