ciri-ciri kanker payudara

6 Februari 2009 pukul 8:26 AM | Ditulis dalam Kesehatan | 252 Komentar

Secara umum tumor (benjolan) adalah penyakit pertumbuhan sel yang berlebihan. ada dua jenis tumor, yaitu tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Tumor jinak mempunyai ciri pertumbuhan yang lambat, tidak menyebar, permukaan rata, dan mudah digerakkan. Sedang tumor ganas (kanker) mempunyai ciri pertumbuhan cepat, menyebar, tidak mudah digerakkan dan permukaan tidak rata. Kanker payudara merupakan pertumbuhan tidak terkendali sel di payudara yang bisa berasal dari sel jaringan lemak, sel kelenjar susu maupun sel saluran susu.

Gejala-gejala Kanker Payudara
Pada tahap awal, biasanya tidak merasakan sakit atau tidak ada tanda-tandanya sama sekali. Namun, ketika tumor semakin membesar, akan muncul gejala – gejala :
a. Benjolan yang tidak hilang atau permanen, biasanya tidak sakit dan terasa keras bila disentuh atau penebalan pada kulit payudara atau di sekitar ketiak.
b. Perubahan ukuran atau bentuk payudara.
Kerutan pada kulit payudara.
Keluarnya cairan dari payudara, umumnya berupa darah atau nanah.
Pembengkakan atau adanya tarikan pada puting susu
Faktor risiko terkena kanker payudara.
Faktor yang tidak dapat diubah antara lain, bertambah usia, riwayat keluarga terkena kenker payudara, menstruasi awal (sebelum 12 tahun), menopause terlambat (sesudah 50 tahun), tidak mempunyai anak, atau mempunyai anak setelah 30 tahun, dan genetik. Selain itu ada faktor yang dapat diubah seperti terapi hormonal, Kontrasepsi Pil KB, tidak menyusui, minum alkohol,kurang olahraga, dan kelebihan berat badan (terutama setelah masa menopause).

Pencegahan dan deteksi dini
Kanker payudara menduduki urutan kedua setelah kanker leher rahim. Kebanyakan orang datang berobat ke rumah sakit sudah dalam kondisi kanker stadium lanjut. Untuk itu upaya pencegahan dan deteksi dini sangat penting sekali. Untuk mencegah kanker payudara maka yang dapat dilakukan adalah menghindari factor resiko, yaitu dengan hindari melakukan terapi penggantian hormon untuk jangka panjang, segera menikah (agar bisa segera mempunyai anak dan menyusui), menghindari kelebihan berat badan dengan melakukan olahraga dan diet yang tepat, hindari alkohol.
Untuk mendeteksi kanker payudara secara dini, maka sebaiknya kaum perempuan melakukan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri) mengamati, meraba dan merasakan ada atau tidak perubahan di payudara. Jika terdapat suatu kelainan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Selain itu melakukan mamografi rutin ketika usia sudah lebih dari 40 tahun.

Pengobatan
Secara medis jika seseorang terkena kanker payudara maka biasanya dokter akan melakukan terapi berupa operasi, penyinaran (radioterapi) dan atau kemoterapi (disuntik zat kimia untuk membunuh kanker), biasanya kemoterapi ini mempunyai efek samping seperti kerontokan rambut, rasa mual, dan lain-lain.

Pengobatan dengan herbal (ramuan)

Untuk mengobati penyakit kanker payudara secara islami, maka ada beberapa hal yang perlu dijalankan, antara lain :

1. Yakinlah bahwa Allah SWT adalah penyembuh, dan setiap penyakit bisa disembuhkan atas izin Allah.

2. Lakukan introspeksi dan kemudian mohon ampun kepada Allah SWT.

3. Jika penderita memungkinkan untuk berpuasa, maka lakukanlah puasa sunah.

4. Rutinkan sholat malam, karena dengan sholat malam dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Konsumsi herbal yang meningkatan daya tahan tubuh dan bersifat anti kanker, antara lain mahkota dewa, temu mangga, tapak dara, ki tolod, habbatussauda, mengkudu dan benalu teh.

untuk lebih jelasnya, sebaiknya anda berkonsutasi secara langsung dengan dokter klinik sehat.

Demikian semoga bermanfaat.

Wassalam.
di ambil dari eramuslim.com

About these ads

252 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. Ass… Aku jhenyc q mw naxa ne.. Udah brapa bulan ne.aku merasakn sesuatu yg ga’ baek diareah puting q.awalxa diareah puting q ada timbul bisulan.. Brapa bulan kemudian timbul rasa sakit and gatal.yg lebih mengherangkn dibagian tulang rusuk belaknq jg sakit.. Apa i2 trmazuk ciri2 ( KANKER PAYU DARAH )?

  2. ass
    saya mau tanya ada benjolan sperti kelereng di Sebelah kanan tapi tida sakit,tolos bales jawaban nya?trimakash


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: